SUSU KUDA LIAR SUMBAWA

Manfaat Susu Kuda Liar

Manfaat susu kuda liar lebih jauh yaitu air susu kuda yang hidup secara ekstensif atau dibiarkan secara liar di alam seperti khususnya di pulau Sumbawa lah yang pada tahun 1998 yang lalu mulai dikenal oleh khalayak umum untuk dikonsumsi susunya karena khasiatnya. Cerita tentang manfaat susu kuda liar dari Kabupaten Dompu tersebut menjadi popular karena khasiatnya banyak diekspos oleh media, hal tersebut tidak lepas dari hasil penelitian seorang Doktor dari IPB, berkat ditemukannya manfaat susu kuda liar asal pulau Sumbawa ini pula beliau mendapat gelar Doktor dari Fakultas Pasca sarjana IPB tahun 2005 silam.

Manfaat susu kuda liar sumbawa hasil penelitian

Dari hasil penelitiannya diketahui bahwa keistimewaan susu kuda yaitu, tidak mengalami penggumpalan dan kerusakan meskipun tidak dipasteurisasi dan tanpa diberi bahan pengawet apapun. Hebatnya manfaat susu kuda liar ini dapat disimpan dalam suhu kamar sampai 5 bulan. Karena hal inilah dapat disimpulkan bahwa dalam susu kuda liar asli asal Dompu, Bima Pulau Sumbawa tersebut terdapat zat yang bisa menghambat tumbuhnya bakteri, Zat tersebut berupa senyawa anti mikroba alami.

Manfaat susu kuda liar ini bisa dirasakan hanya dengan mengkonsumsi 25-50 cc setiap hari, bisa sekali atau dua kali. Efek dari susu kuda  ini sangat baik untuk kesehatan saluran pencernaan, hal ini disebabkan susu kuda ini banyak mengandung prebiotik alami. Hanya dengan dosis yang dianjurkan atau sebanyak 50cc, maka prebiotiknya sudah dapat secara optimal menekan jumlah bakteri jahat yang terdapat dalam saluran pencernaan, berbagai penyakit yang muncuk pada saluran pencernaan seperti tifus, kolera, disentri juga TBC, Leukimia dan Tumor. Manfaat susu kuda liar banyak kami rasakan juga karena dapat menjaga kebugaran tubuh, serta memperbaiki stamina.

Sebelumnya peredaran susu kuda liar asal Dompu sempat dilarang oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) karena dinilai promosi susu ini bersifat menyesatkan dan khasiatnya diragukan karena belum diuji coba secara klinis. Namun semua itu kini terbantahkan berkat penelitian sang Doktor tadi, yang telah menemukan manfaat susu kuda liar ini.